Filosifi Sabuk

Taekwondo adalah seni beladiri yang berasal dari KOREA, yang tidak hanya mengajarkan fisik atau kemampuan bertarung saja. Melainkan suatu bentuk pendisiplinan yang dapat meningkatkan spirit serta tubuh kita melalui latihan yang membentuk jiwa dan raga kita.
Saat ini Taekwondo sudah merupakan olahraga yang banyak dikenal oleh banyak negara,dan menjadi bagian dari olympic game. Taekwondo(dibaca: T-Kwon-Do) sendiri terdiri dari tiga suku kata yaitu, “tae”,”kwon”,”do”. “tae” berarti kaki/tendangan”,”kwon” berarti tangan/pukulan,dan “do”adalah seni/jalan/pendisiplinan jika 3 suku kata tersebut digabung menjadi satu maka akan terlihat dua buah konsep dibalik kata Taekwondo.
Pertama adalah Taekwondo merupakan cara/seni menggunakan kaki(Tae) dan tangan(Kwon) atau seluruh bagian dari tubuh yang dicerminkan daro tangan dan kaki. Yang kedua,Taekwondo adalah jalan/cara untuk mengendalikan emosi dalam sebuah pertarungan agar tetap tenang.

Sparing

Taekwondo sendiri telah berkembang lebih dari 5000 tahun dalam sejarah panjang bangsa korea, sebelum berubah menjadi taekwondo yang seperti saat ini taekwondo disebut dengan beberapa nama yang berbeda. Di korea, taekwondo dimulai sebagai sebuah beladiri yang disebut dengan”subak” atau “taekyon” dan dikembangkan sebagai cara untuk melatih jiwa dan raga di sebuah kerajaan koguryo pada jaman kuno. Pada jaman shilla,taekyon menjadi tulang punggung dari hwarangdo yang merupakan prajurit dari kerajaan tersebut.

Filosofi Sabuk pada Tae Kwon Do
• Putih melambangkan kesucian,awal/dasar dari semua warna,permulaan.

• Kuning melambangkan bumi,disinilah mulai ditanamkan dasar-dasar TKD dengan kuat. Sebelum naik sabuk hijau ke sabuk kuning strip hijau terlebih dulu.

• Hijau melambangkan hijaunya pepohonan,pada saat inilah dasar TKD mulai ditumbuhkembangkan. Sebelum naik ke sabuk biru naik ke sabuk hijau strip biru terlebih dulu.

• Biru melambangkan birunya langit yang menyelimuti bumi dan seisinya,memberi arti bahwa kita harus mulai mengetahui apa yang telah kita pelajari. Sebelum naik sabuk merah naik ke sabuk biru strip merah terlebih dulu.

• Merah melambangkan matahari artinya bahwa kita mulai menjadi pedoman bagi orang lain dan mengingatkan harus dapat mengontrol setiap sikap dan tindakan kita. Sebelum naik sabuk hitam, naik ke sabuk merah strip dua dan merah strip satu dahulu.

• Hitam melambangkan akhir,kedalaman,kematangan dalam berlatih dan penguasaan diri kita dari takut dan kegelapan.Hitam memiliki tahapan dari Dan 1 hingga Dan 10.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s