Strategi Berlatih


Setelah menguasai Latihan Dengan sekarang berlatihlah menggunakan sansak. Untuk berlatih dengan sansak, ada baiknya meminta bantuan partner kita untuk memegang sansak tersebut. Bisa juga tanpa bantuan partner. Latihan dengan sansak berfungsi membentuk power tendangan kita, karena rawan cedera, sebaiknya lakukan pemanasan yang optimal sebelum berlatih.

Untuk kondisi sansak diam (pasif) mulailah melakukan tendangan Dollyochagi, porsinya sama seperti latihan menggunakan target, jumlah tendangan kanan harus lebih banyak dari jumlah yang kiri, jika kamu kidal maka sebaliknya. Fungsinya agar kedua kakimu dapat menendang sama kerasnya
Setelah itu, variasikan tendangan Dollyochagi tersebut dengan Step Taekwondo, misalnya step 1 maju atau step mundur, atau chin step (ganti kaki) dilanjutkan dengan Dollyochagi.

Berikutnya, jika sudah menguasai sansak yang pasif, belajarlah menendang sansak dalam kondisi bergerak (aktif). Gerakan sansak bisa maju mundur, atau ke samping kiri kanan.

Dorong sansak sehingga bergerak maju mundur, perhitungkan timing yang pas dalam menendang. Tendangan yang bisa dipakai adalah Dollyochagi, Mat Badat Dollyochagi, dan Twio Dwichagi. Ingat, ini dibutuhkan timing yang akurat dalam menendang.

Berikutnya dorong sansak sehingga bergerak ke samping kiri kanan, tendangan yang bisa dipakai adalah Dollyochagi, Mat Badat Dollyochagi, Narrae Chagi, dan Dolkechagi (spin).

Dorongan sansak bisa disesuaikan dengan yang kita ingini. Jangan terburu-buru melakukan berbagai teknik di atas. Selesaikan satu teknik dengan baik terlebih dahulu, baru lanjut ke teknik berikutnya.

Selalu konsultasi dengan pelatih agar latihanmu dapat terkontrol dan efektif.

Setelah menguasai latihan dengan sansak, belajarlah berlatih dengan hugo (hugo practice).


MELATIH AKURASI TENDANGAN DENGAN TARGET

Akurasi tendangan sangat penting dalam Taekwondo. Untuk pemula (sabuk putih-hijau), sebaiknya menggunakan target terlebih dahulu. Cobalah untuk menendang dengan tendangan dasar terlebih dahulu. Patokannya jumlah tendangan kiri harus lebih banyak dari jumlah yang kanan. Jika kamu kidal maka sebaliknya. Latihlah sampai kedua kakimu bisa menendang dengan mantap.

Tidak usah terlalu bernafsu untuk melakukan teknik tendangan yang sulit terlebih dahulu. Bagaimanapun juga melatih tendangan dasar pemula seperti apchagi, dollyochagi, dan narryochagi sangat penting. Kalau sudah bisa, coba variasikan dengan menggunakan step Taekwondo.

Konsultasikan dengan pelatih apakah anda sudah dinilai mampu melakukan gerakan dasar, jika sudah bisa tidak ada salahnya mencoba teknik yang lebih sulit lagi.


SEKILAS TENTANG MATBADAD

Matbadat dollyochagi harus dilakukan dengan timing yang pas. Jangan lupa menjaga jarak tembak tendangan kita. Perhatikan juga tipe serangan lawan, saat lawan hampir selesai menyerang (sebelum kakinya menyentuh matras), maka itu saat yang tepat untuk melakukan matbadat.

Melatih matbadat dollyochagi tidak bisa instan, rajinlah berlatih dengan target atau sansak terlebih dahulu. Kita harus pandai-pandai mengatur jarak dan timing yang pas.

TIPS PENIMBANGAN

Beberapa tips untuk mempersiapkan berat badan adalah :
1. Pastikan berat badan Anda sesuai dengan jenis kelas yang diperlombakan, perhatikan batas maksimal dan minimal berat badan pada kelas tersebut

2. Tolaklah dengan halus jika dipaksa untuk mengikuti kelas yang berat badannya tidak sesuai dengan kondisi Anda, itu hanya akan memperburuk kondisi fisik dan tentunya merusak sportifitas.

Jika memang terpaksa bertanding di kelas yang bukan merupakan berat ideal Anda, yang harus Anda lakukan adalah :
1. Selalu kontrol berat badan Anda, jaga pola makan yang ideal

2. Jika dirasa over, maka diusahakan jangan makan malam, jika under maka sebaliknya

3. Ingat jika ingin merubah berat badan Anda, lakukanlah jauh-jauh hari sebelum pertandingan dilaksanakan, jika tidak maka akan berdampak pada hasil pertandingan Anda nantinya, kondisi fisik lah yang sangat riskan.

Ingat, bertandinglah di kelas yang merupakan berat badan ideal Anda, jika bisa berhasil, maka Anda akan merasa sangat bangga sekali daripada Anda harus mencurangi berat badan Anda sendiri. Apalagi sampai mencuri umur. Wah model begitu tidak akan lama jadi atlet…

Sunu and okin ( brbragai sumber )

Iklan

Tentang mataramtaekwondoclub

MTC ( Mataram Taekwondo Club ) merupakan suatu organisasi taekwondo yang ada di Jogjakarta dimana mempunyai dojang atau cabang yang tersebar di wilayah Jogja, Sleman,Bantul dan sekitarnya
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s