tips


Tips & Mamfaat Dalam Olahraga Taekwondo

Ø Pentingnya Olah Raga Rutin bagi Kesehatan Fisik dan Psikologis

“Aku tidak kelebihan berat badan, aku tidak perlu olahraga.” Kita semua sering mendengar pernyataan seperti ini dari seseorang yang kita kenal. Biasanya orang yang berbicara seperti itu adalah orang yang berat badannya tidak terlalu berlebihan, namun juga tidak dalam bentuk ideal. Banyak orang tidak menyadari bahwa olahraga memiliki banyak manfaat penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan pikiran. Ada beberapa alasan pentingnya olahraga secara rutin :

· Menurunkan lemak
Olahraga teratur dapat membantu menurunkan lemak tubuh. Semakin tinggi proporsi lemak dalam tubuh, semakin besar kemungkinan Anda tertular beberapa penyakit, seperti kanker, penyakit jantung, diabetes, dan obesitas. Latihan membantu menghilangkan bahaya lemak dari tubuh anda.

· Meningkatkan otot
Dengan latihan teratur, Anda akan memiliki bentuk tubuh seperti yang orang-orang inginkan. Otot akan lebih kuat serta kulit akan lebih kencang dengan olahraga teratur.

· Meningkatkan kesehatan pembuluh darah
Olahraga seperti atihan aerobik dapat menjaga jantung dan membuat pembuluh darah semakin kuat. Olahraga tersebut dapat membantu Anda menjaga kesehatan jantung.

· Manfaat yang signifikan
Dengan olahraga secara teratur, Anda akan mendapatkan keuntungan luar biasa, seperti warna kulit. Kulit yang sering berkeringat akan terlihat lebih baik.

· Menghindari kenaikan berat badan jangka panjang.
Olah raga-lah secara konsisten untuk tubuh Anda di masa depan. Berat badan merayap dengan sangat perlahan dan bertahap bagi kebanyakan ora ng hingga nantinya kelebihan berat badan. Biasanya, setelah sekolah, dalam lima tahun seseorang akan hidup tanpa olahraga. Hal itu membuat seseorang kehilangan beberapa ototnya. Ketika kekurangan otot, berat badan pun meningkat sebab kekurangan otot untuk membakar kalori.

· Menjaga kesehatan psikologis
Cara yang baik untuk mengatasi depresi dan perubahan suasana hati adalah dengan olahraga teratur. Banyak orang yang memulai program olahraga rutin untuk menurunkan berat badan atau agar tubuhnya sehat menyadari manfaat-manfaat tambahan dari olahraga teratur. Mereka menyadari olahraga teratur dapat meningkatkan kebugaran pada pikiran mereka serta meningkatkan suasan hati.

Alasan di atas hanya beberapa dari banyak alasan mengapa olahraga itu penting. Masih banyak alasan yang bisa membuat Anda semangat olahraga. Kalau begitu, “Ayo olah raga!” 🙂

Ø Tips Menjaga Kebugaran Fisik

Untuk menjaga kebugaran fisik kita ada beberapa hal yang musti kita lakukan,

1.Tidur yang cukup, agar tubuh kita mendapat waktu yang pas untuk me”recovery” kondisi tubuh kita.
2. Kurangi makan yang berminyak dan pedas.
3. Tidak Merokok.
4. Lakukan olahraga rutin minimal sekali dalam seminggu. Lakukan minimal 20 menit, bisa dengan stretching, skipping, joging, maupun training olahraga tertentu, seperti Taekwondo.

Ø Manfaat Olah Raga bagi Otak Kita

Olahraga sedikitnya 10 menit setiap hari membuat mental menjadi lebih sehat, pikiran jernih, stres berkurang dan memicu timbulnya perasaan bahagia. Bahwa olahraga membuat peredaran darah menjadi lancar, membakar lemak dan kalori, serta mengurangi risiko darah tinggi dan obesitas merupakan suatu hal yang diketahui umum. Riset terbaru menunjukkan suatu kelebihan lain dari aktivitas ini. Olahraga sedikitnya 10 menit setiap hari membuat mental menjadi lebih sehat, pikiran jernih, stres berkurang dan memicu timbulnya perasaan bahagia. Secara lebih jelas Daniel Landers, profesor pendidikan olahraga dari Arizona State University mengungkapkan lima manfaat olahraga terhadap otak anda :

· Meningkatkan kemampuan otak
Latihan fisik yang rutin dapat meningkatkan konsentrasi, kreativitas, dan kesehatan mental. Karena olahraga bisa meningkatkan jumlah oksigen dalam darah dan mempercepat aliran darah menuju otak. Para ahli percaya bahwa hal-hal ini dapat mendorong reaksi fisik dan mental yang lebih baik.

· Membantu menunda proses penuaan
Riset membuktikan bahwa latihan sederhana seperti jalan kaki secara teratur dapat membantu mengurangi penurunan mental pada wanita di atas 65 tahun. Semakin sering dan lama mereka melakukannya makan penurunan mental kian lambat. Kabarnya, banyak orang merasakan manfaat aktivitas itu setelah sembilan minggu melakukannya secara teratur tiga kali seminggu. Latihan ini tidak harus dilakukan dalam intensitas tinggi. Cukup berupa jalan kaki di sekitar rumah.

· Mengurangi stres
Olahraga dapat mengurangi kegelisahan. Bahkan lebih jauh lagi, bisa membantu Anda mengendalikan amarah. Latihan aerobik dapat meningkatkan kemampuan jantung dan membuat Anda lebih cepat mengatasi stres. Aktivitas seperti jalan kaki, berenang, bersepeda, dan lari merupakan cara terbaik mengurangi stres.

· Menaikkan daya tahan tubuh
Jika Anda senang melakukan olahraga meski tak terlalu lama namun sering atau lama namun dengan santai melakukannya, maka aktivitas itu bisa meningkatkan hormon-hormon baik dalam otak seperti adrenalin, serotonin, dopamin, dan endorfin. Hormon ini berperan dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Studi yang dilakukan di Inggris memperlihatkan bahwa 83 persen orang yang memiliki ganguan mental mengandalkan olahraga untuk meningkatkan mood dan mengurangi kegelisahan. Landers mengatakan untuk orang yang menderita depresi ringan dan sedang, olahraga sedikitnya 16 minggu bisa menimbulkan efek yang sama dengan menelan obat antidepresi seperti zoloft dan prozac. Sementara para peneliti di Duke University menemukan bahwa 60 persen orang depresi yang melakukan olahraga selama empat bulan dengan frekuensi tiga kali seminggu dan setiap latihan selama 30 menit bisa mengatasi gejala ini tanpa obat. Meski tergolong langkah yang mujarab namun bukan berarti pengobatan bisa langsung dihentikan, apalagi bagi yang mengalami depresi berat.

· Memperbaiki kepercayaan diri
Umumnya semakin mahir seseorang dalam suatu jenis aktivitas, maka kepercayaan diri pun akan meningkat. Bahkan suatu riset membuktikan bahwa remaja yang aktif berolahraga merasa lebih percaya diri dibandingkan dengan teman-temannya yang tidak melakukan kegiatan serupa.

Iklan

Tentang mataramtaekwondoclub

MTC ( Mataram Taekwondo Club ) merupakan suatu organisasi taekwondo yang ada di Jogjakarta dimana mempunyai dojang atau cabang yang tersebar di wilayah Jogja, Sleman,Bantul dan sekitarnya
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s